Tips Agar Mesin Motor tetap Seperti Baru
Sunday, February 17, 2019
1 Comment
Semua hal yang baru pasti kita rawat dengan sangat teramat dan hati-hati dalam menggunakannya, namun lain halnya ketika sudah lama, mungkin akan sedikit terabaikan, jangan seperti itu, karena untuk merawat lebih mudah dan murah di banding ketika ada kerusakan.
ada pepatah yang mengatakan 'menjaga lebih baik daripada mengobati'. Nah sama hal nya dengan mesin, harus selalu di lakukan perawatan berkala, seperti yang akan saya jelaskan di artikel kali ini tentang tips agar mesin motor terlihat seprti baru.
ada pepatah yang mengatakan 'menjaga lebih baik daripada mengobati'. Nah sama hal nya dengan mesin, harus selalu di lakukan perawatan berkala, seperti yang akan saya jelaskan di artikel kali ini tentang tips agar mesin motor terlihat seprti baru.
Merawat mesin motor agar terasa seperti baru.
1. Periksa busi motor
Ini bagian yang sering di anggap sepele atau ah biarlah... Namun, seperti yang sudah di jelaskan di artikel saya sebelumnya. Bagian ini sangat penting karena jika busi motor kotor atau berkarat bisa menyebabkan mesin terasa kasar.
2. Cek kekencangan rantai
Pastikan kondisi rantai sesuai, tidak terlalu kencang atau telalu kendor, karna jika hal ini terjadi maka yang ditakutkan adalah rantai bisa putus tiba-tiba, itu yang saya alami ketika mau menyalip sebuah mobil, ngeri kan sobat... Dan jika rantai sudah terasa kering maka lumurilah dengan oli atau minyak rantai.
3. Periksa aki (accu)
Periksa aki agar tidak melampaui batasnya, karena jika itu terjadi maka akan itu dapat merusak sel-sel aki dan dapat mengakibatkan kerusakan pada bagian mesin motor yang lainnya. Tentu kita tidak inginkan hal itu terjadi, karena akan banyak mengeluarkan biaya jika kita harus mengganti aki dengan yang baru, hanya karena kita tidak merawatnya dengan benar.
4. Rawatlah filter karburator
Fungsi karburator sangatlah penting, lakukanlah perawatan secara berkala agar karburator kita tetap memberikan performa terbaiknya terhadap mesin kendaraan motor kita.
5. Periksa selang bahan bakar atau bensin
Periksalah bagian ini, cek apakah selang bensin masih lentur atau tidak, apakah selang bensin masih lentur atau tidak. Karena, jika selang bensin sudah tidak lentur tentu akan berakibat terhadap masuknya bahan bakar ke mesin kendaraan kita. Dan yang paling ditakutkan adalah adanya kebocoran.
6. Tekanan ban
Periksa tekanan ban kendaraan sebelum menggunakannya, karena jika terlalu berlebihan angin, itu akan mengurangi stabilitas pengendara dan tidak bagus dalam menyerap getaran, apalagi di negara kita, polisi tidurnya kadang tidak berprikemanusiaan.
7. Disiplin mengganti oli
Dan inipun bagian teramat penting, gantilah oli ketika sudah 2000km. Karena jika tidak viscositas dari oli tersebut akan menurun dan akan terjadi gesekan yang tidak wajar di dalam cylinder, efeknya adalah mesin menjadi terasa cepat panas. Jangan sepelekan hal ini ya sobat.
8. Jagalah kebersihan pada tiap-tiap bagian motor
Kebersihan sebagian dari iman, betulkan,, nah inipun yang harus kita terapkan pada kendaraan kita, jagalah kebersihan di masing-masing bagian motor, seperti body, mesin, ban.dll agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan kendaraan terlihat makin kinclong.
9. Pemakaian motor yang salah
Jangan menggeber-geber kendaraan kita atau menarik gas secara tiba-tiba, kenapa? karena, akan mempercepat keausan pada rantai, mesin, katup bahan bakar, piston dan stang piston. Dan jika memakai motor matic, maka akan mengurangi umur belt.nya.
10. Jangan terlalu lama memanaskan motor
Kendaraan yang bermunculan sekarng sudah canggih-canggih tidak seperti dulu. menurut Sarwono Edi, Techincal Service Training Mangaer PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan bahwa "cukup 30 detik dan maksimal 1 menit, biarkan stasioner saja. dan oli sudah dapat bersirkulasi baik pada putaran mesin stasioner, tidak perlu di geber-geber karena akan sia-sia".
11. Jangan di paksakan
Dan hati-hati dalam mengganti baut, jangan sampai dipaksakan karna bisa slek, seperti yang saya alami ketikamau membuka baut oli, jadinya seperti itu.
Klarifikasi :)
Sebenarnya, motor itu sudah di cuci akan tetapi harus menjemput adik dan bandung sedang musim hujan, mau gak mau, nyuci motor jadi tidak ada bekasnya.. hehehe ya begitulah, sedikit menyangkan kenapa harus di cuci dulu?.. tidak lebih dari 1 jam, motor sudah kembali kotor. Dan malamnya saya ambil foto ya alhasil terlihat seperti itu. Mohon maaf ya sobat 😇
Jika sobat ada tambahan, silahkan ajukan di dalam komentar, agar saya dan sobat lainnya menjadi lebih tau dalam merawat kendaraan kita masing-masing, silahkan berbagi karena berbagi itu tidak di larang dan gratis.
Jika sobat ada tambahan, silahkan ajukan di dalam komentar, agar saya dan sobat lainnya menjadi lebih tau dalam merawat kendaraan kita masing-masing, silahkan berbagi karena berbagi itu tidak di larang dan gratis.
Wah mantab nih ada temennya...
ReplyDeleteTerima kasih atas informasinya. artikelnya sangat bermanfaat sekali
biker jadoel