Prinsip Dan Cara Kerja Karburator Motor
Saturday, February 16, 2019
Add Comment
Apa itu karburator?...
Di artikel sebelumnya saya sudah membahas tentang teknologi injeksi, dan agar tidak berat sebelah, kali ini saya akan membahas tentang karburator.Karburator adalah sebuah alat pencampur bahan bakar untuk mesin pembakaran dalam.
Karburator bisa kita sebut juga sebuah alat untuk mencampur bahan bakar dan udara dengan kompisisi yang tepat, karburator memiliki tiga desain menurut arah aliran udara, barel, dan venturi. Mari sama-sama kita bahas satu persatu, agar lebih mendalami tentang karburator.
#ARAH ALIRAN
1. Downdraft (Aliran turun), udara masuk dari bagian atas lalu keluar melalui bagian bawah dari karburator.
2. Sidedraft (Aliran datar), udara masuk dari sisi samping dan mengalir dengan arah mendatar lalu keluar lewat sisi sebelahnya.
3. Updraft (Aliran naik), aliran masuk dari bagian bawah lalu keluar melalui bagian atas karburator,
#VENTURI
1. Venturi tetap, ukuran venturi selalu tetap. Karena pedal gas yang mengatur katup udara menentukan besarnya aliran udara yang melewati venturi.
2. Venturi bergergak, pada tipe ini gas mengatur venturi dengan menggunakan piston sehingga celah venturi dapat berubah, bisa kita sebut juga dengan tipe "tekanan tetap", kenapa? karena tekanan udaranya selalu sama ketika memasuki venturi.
Note: diameter venturi lebih kecil dari diameter yang lainnya
#BAREL
Barel adalah saluan udara yang di dalamnya terdapat venturi.
1. Single barel, digunakan pada sepeda motor atau mobil dengan kapasitas mesin kecil. Satu barel melayani semua kebutuhan bahan bakar, padahal pada putaran mesin rendah diameter venturi yang cenderung lebih besar dari tipep multi barel akan lebih lambat dalam menghasilkan tenaga.
2. Multi barel, tentunya mempunyai lebih dari satu barel untuk memenuhi aliran udara yang lebih besar terutama untuk kapasitas mesin yang besar. Kecepatan maksimal pada jenis venturi ini lebih kecil sehingga kerugian gesekannya pun lebih kecil.
Prinsip kerja karburator
Prinsip kerja karbutor hampir sama dengan obat nyamuk semprot atau parfume yang di semprot.
Jadi, karburator memanfaatkan perbedaan tekanan utnuk mencapmpur bahan bakar dengan udara, cairan akan mengalir dari tekanan yang lebih besar ke tekanan yang lebih kecil. Bahan bakar tertarik ke atas karna tekanan udara lebih rendah daripada tekanan atmosphere.
Itu adalah Prinsip dasar karburator, dan sekarang kita akan mengetahui cara kerja karburator.
Cara kerja karburator
Perhatikan gambar di bawah ini dengan seksama, terlebih karena gambarnya apa adanya dan agar lebih paham tentang cara kerjanya.
Ketika pedal gas di tarik, tali gas menarik skep sehingga bertambahnya pemasukan udara, dan disaat yang bersamaan jarum skep juga tertarik ke atas sehingga terbukanya main jet dan bertambah juga pemasukan bahan bakar.
Dan, kita sering menarik choke ketika mesin dingin, karena agar campuarn udara lebih sedikit dibanding dengan campuran bahan bakar, sehingga mesin cepat panas. karena lebih banyak bahan bakar di banding udara yang masuk. Itulah kenapa choke di buka ketika mesin dingin.
Jadi, sekian tentang penjelasan karburator jangan lupa dibagikan ke yang lainnya, agar hidup kita bisa menjadi manfaat untuk orang lain.
0 Response to "Prinsip Dan Cara Kerja Karburator Motor"
Post a Comment