Pengertian Mesin Utama (Main Engine)
Wednesday, February 20, 2019
Add Comment
Jika kita ditanya apa itu mesin utama atau main engine? mungkin sobat akan menjawabnya adalah mesin utama yang terdapat di dalam kamar mesin, atau mesin untuk menggerakan propeler dll, akan tetapi saya menjawab suatu mesin penggerak utama yang terdapat di dalam kamar mesin. Dan akhiranya saya di tolak oleh perusahaan.
Agar apa yang saya alami tidak terjadi kepada sobat, saya akan sedikit berbagi di artikel kali ini, agar dapat menjadi pelajaran untuk kita semua, sehingga sobat bisa di terima di perusahaan yang sobat inginkan.
Agar apa yang saya alami tidak terjadi kepada sobat, saya akan sedikit berbagi di artikel kali ini, agar dapat menjadi pelajaran untuk kita semua, sehingga sobat bisa di terima di perusahaan yang sobat inginkan.
Apa itu MAIN ENGINE?
Memang tidak salah ketika kita menjawab yang diatas tadi, akan tetapi perusahaan meminta kita menjelaskannya, jadi, Mesin utama adalah suatu instalasi mesin yang terdiri dari berbagai macam unit atau sistem dan menghasilkan daya dorong terhadap kapal sehingga kapal bisa bergerak.
Mesin kapal sebernanya sama saja dengan mesin pada umumnya, hanya saja ukurannya jauh lebih besar dan terdiri lebih dari 4 piston. Bahkan mesin yang saya lihat itu tingginya hampir tiga lantai, seperti rumah saja yah.
Komponen-komponen Main Engine
Secara garis besar, komponen dari mesin induk ada sembilan, yaitu:
- Cyilinder
- Cylinder head
- Piston
- Connecting rod
- Crankshaft
- Flywheel
- Camshaft
- Crankcase
Cylinder
Berfungsi sebagai tempat pembakaran bahan bakar, dan dibentuk dengan lapisan/liner, lubang/bore, selongsong/sleeve.
Cylinder Head/kepala silinder
Untuk menutup bagian atas silinder dan berisikan katup empat udara, serta untuk masuk dan keluarnya bahan bakar.
Piston/torak
Piston berfungsi untuk menerima campuran udara dan meneruskan tekanan untuk memutar poros engkol melalui connecting rod (batang piston).
Connecting rod/batang piston
Berfungsi untuk menghubungkan piston ke poros engkol dan menerima tenaga dari piston lalu meneruskannya ke poros engkol.
Crankshaft/poros engkol
Berfungsi sebagai pengubah gerakan naik turun yang diperoleh dari piston kemudian mengubah menjadi gerakan memutar.
Flywheel/roda gila
Berfungsi untuk menyimpan tenaga putar yang dihasilkan mesin pada langkah usaha, sehingga poros engkol dapat terus berputar.
Camshaft/poros nok
Berfungsi untuk membuka dan menutup katup sesuai firing order, dan menggerkan fuel pump.
Crankcase/bak engkol
Berfungsi sebagai rumah dari komponen, yaitu:
- Generator
- oil pump
- Clutch
- Crankcast
- Carter
Di dalam mesin terdapat 2 tak dan 4 tak, tak yang berarti langkah kerja atau dalam bahasa inggrisnya adalah Stroke. Namun, kapal kapal besar sering menggunakan mesin 2 tak di banding 4 tak? karena, lebih irit, suhu stabil, mudah dalam pengoprasian dan perawatannyapun lebih mudah di banding 4 tak.
Untuk GT (gross tonage) 7000 kebawah, biasanya menggunakan 4 tak. Namun untuk diatas itu biasanya 2 tak, seperti yang saya alami di 27.494 GT itu menggunakan 2 tak dengan merk IHI SULZER, kalau tidak salah dari Myanmar atau Jepang. Saya lupa.
Kesimpulan:
Untuk semua CADET yang sedang mencari perusahaan pelayaran untuk mendapatkan kapal agar bisa menyelesaikan PRALAnya. Pahami betul-betul tentang permesinan, terutama 2 tak dan 4 tak dan lain sebagainya.
Penjelesan diatas saya singkat karena memang rata-rata perusahaan hanya menanyakan fungsinya dan pengertiannya saja. Oh ya... Jangan lupa menjelaskannya menggunakan bahasa inggris, tapi, kembali lagi ke kebutuhan perusahaan tersebut. Yang saya alami menggunakan bahasa inggris baik itu perusahaan luar ataupun dalam negri.
JANGAN LUPA BAHASA INGGRIS!
Semoga bermanfaat. :)
note:
Untuk penjelasan lebih detailnya, saya akan tuliskan di artikel saya selanjutnya. ๐๐
0 Response to "Pengertian Mesin Utama (Main Engine)"
Post a Comment