Cara Kerja Kopling Pada Mobil
Friday, February 22, 2019
Add Comment
Hallo Sobat oto, kembali lagi bersama saya di Otosaber, kali ini kita akan membahas tentang How to work the clutch (cara kerja kopling) pada sebuah kendaraan. Memang betul jika kendaraan kopling lebih menantang di banding yang lainnya. Kenapa? karena saya yang menagalaminya selama beberapa tahun kebelakang.
Pernahkah sobat bertanya kenapa harus menekan kopling saat memindahkan gigi? atau mungkin sobat pernah bertanya dalam hati apa yang terjadi di dalam mobil saat sobat menekan pedal kopling?... Kenapa ya? dan kenapa kok bisa?
Disini saya akan membagi sedikit informasi tentang Fungsi, cara kerja dan kelebihan serta kekurangan dari kendaraan yang berkopling dan menjawab pertanyaan-pertanyaan sobat di atas. Mari sama-sama kita simak dan baca sampai selesai ya sobat.
Pernahkah sobat bertanya kenapa harus menekan kopling saat memindahkan gigi? atau mungkin sobat pernah bertanya dalam hati apa yang terjadi di dalam mobil saat sobat menekan pedal kopling?... Kenapa ya? dan kenapa kok bisa?
Disini saya akan membagi sedikit informasi tentang Fungsi, cara kerja dan kelebihan serta kekurangan dari kendaraan yang berkopling dan menjawab pertanyaan-pertanyaan sobat di atas. Mari sama-sama kita simak dan baca sampai selesai ya sobat.
Pengertian Kopling atau Clutch
Kopling adalah sebuah alat yang digunakan untuk memutus atau menhubungkan putaran pada 2 buah poros (as) yang berputar. Jadi, kopling berfungsi sebagai pemutus atau penghubng aliran tenaga ke transmisi. Jenis kopling ada 2 yaitu kopling otomatis dan kopling manual. yang akan saya bahas pada artikel selanjutnya.
Sebelum kita ke cara kerja sebaiknya kita juga harus mengenal dengan anatomi mesin pembakaran dalam. Mesin pembakaran dalam adalah sebuah mesin yang sumber tenaganya berasal dari gas-gas bertekanan tinggi yang dihasilkan oleh campuran bahan bakar dan udara yang terjadi di ruang bakar (combustion chamber).
Mesin pembakaran dalam memiliki torsi yang terbatas, karena itu supaya efisien dalam memfariasikan kecepetan roda penggerak, maka mesin mobil pembakaran dalam memerlukan transmisi. Transmisi berfungsi untuk membantu kecepatan roda penggerak.
Logisnya. Jika kita ingin memindahkan gigi, aliran tenaga ke transmisi harus diputuskan atau di hentikan, kalau tidak maka akan merusak transimisi, dan sangat tidak praktis jika kita harus mematikan mesin terlebih duhulu hanya untuk memindahkan gigi. ??? Nah, disinilah peranan kopling.
Komponen kopling dan fungsinya
- Clutch pedal (pedal kopling), berfungsi untuk menekan atau meringanakan pengendalian koling.
- Master cylinder, berfungsi untuk merubah energi mekanis menjadi tekanan hidrolis.
- Actuator cylinder, berfungsi untuk merubah tekanan hirdolis menjadi energi makanis.
- Hidloris clutch pipe, berfungsi sebagai penyalur tekanan hidrolis.
- Release fork atau garpu pembebas, berfungsi untuk menkonversi energi mekanis dari actuator silinder menuju ke release bearing.
- Release bearing, berfungsi untuk meneruskan tekanan dari actuator dan menekan pegas difragma.
- Clutch cover, berfungsi sebagai rumah untuk beberapa komponen.
- Preassure plate, berfungsi untuk menekan kampas kopling agar terjepit ke flywheel.
- Clutch disc, berfungsi untuk menangkap putaran mesin agar bisa di salurkan ke transmisi.
- Flywheel, berfungsi untuk menjepit kampas koling bersama preassure plate.
Cara kerja kopling pada mobil
Cara kerjanya sederhana. yaitu :
1. Ketika kita menekan pedal kopling
Pada saat kita menekan pedal kopling maka release fork akan menekan release bearing ke depan sekaligus menekan diafragma spring lalu pegas akan mengungkit preassure plate,Sehingga plate kopling akan bebas dan putaran mesin tidak akan di teruskan ke transmisi.
2. Ketika kita melepas pedal kopling
Pada saat kita menekan pedal kopling maka release fork akan kembali ke posisi awal realease bearing tidak akan menekan diafragma spring, Keadaan ini akan menyebabkan preassure plate menekan kembali plate koling dengan flywheel. Lalu putaran mesin di teruskan ke transmisi.
Kelebihan dan kekurangan
Kelebihannya, yaitu :
- Proses perpindahan gigi dikendalikan sepenuhnya oleh pengendara
- Tenaga lebih rensponsive
- Pemindahan gigi menjadi lebih halus
- Biaya perawatan yang murah serta terjangkau
- Keamanannya lebih tinggi.
- Pengendalian yang sulit
- Badan cepat lelah.
Pengaruh kopling pada saat di tanjakan
Ini yang sering menjadi kendala pada saat mobil dengan transmisi manual berhenti di tanjakan. Memang inilah tantangan dari kopling, kalau ada sedikit kesalahan ketika di tanjakan mungkin mobil akan mundur dan menabrak mobil yang berada di belakang kita. Mari kita buat mudah agar hal yang seperti ini tidak terjadi lagi.
Tricknya adalah Tekan rem dan kopling secara bersamaan lalu lepaskan pedal kopling secara perlahan sampai terasa ada dorongan ke depan, setelah itu lepaskan rem dan tetap injak kopling dalam keadaan setengah kopling (disini kopling bertindak sebagai rem). lalu tekan gas secara perlahan dan mulai sesuaikan kecepatan yang sobat inginkan. Bagi yang belum mengetahuinya trick ini sering di sebut dengan istilah setengah kopling.
Lalu, Pertanyaannya : Bagaimana kopling yang di lepas sebagian bisa bertindak sebagai rem?
Jawabannya: Karena adanya keseimbangan tenaga, dan tarikan gravitasi akan sama dengan gaya gesek statis pada roda.
simulasi cara kerja kopling sebagai rem by otosaber.blogspot.com |
0 Response to "Cara Kerja Kopling Pada Mobil"
Post a Comment